Decorunic Blog

Kapan Waktu yang Tepat Menata Kembali Ruang Tamu? – Menata Kembali Ruang tamu – Sebuah ruangan interior beserta elemen-elemen pendukung yang ada di dalamnya memiliki umur atau masa pakai hingga suatu saat tertentu.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh material fisik yang mulai rusak atau usang, selain rasa  jenuh atau bosan penghuninya.

Oleh karena itu, dilakukanlah make over pada ruang tersebut, baik dari tata letaknya maupun penggantian furnitur yang ada di dalamnya.

Secara harfiah, make over adalah prosesyang dilakukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik dan dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Dalam kaitannya dengan make over ruang tamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pada penjelasan berikutnya akan dijelaskan tentang make over / menata kembali ruang tamu secara lebih mendetail, kapan harus melakukannya, hingga beberapa tips cara melakukannya.

Mengapa dan Kapan Menata Kembali Ruang Tamu?

Ada beberapa hal yang menyebakan sebuah ruangan perlu dibenahi. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

Menata kembali ruang tamu

 

1. Penghuni atau pengguna ruangan sudah mulai jenuh

Dalam hal kejenuhan ini, keadaan interior  ruangan sudah tidak cocok dengan karakter  penghuni.

Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang dapat mengalami perubahan selera terhadap nilai ruangan yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor tersebut  seperti bertambahnya referensi penghuninya tentang  estetika ruang dan rasa jenuh terhadap ruangan karena interaksi dengan ruangan dalam waktu lama.

2. Keadaan elemen interior sudah usang atau rusak sehingga perlu perbaikan

Make over ruangan dilakukan karena memang sudah waktunya untuk dilakukan penggantian atau perbaikan terhadap beberapa elemen ruangan.

Misalnya, furnitur pada ruang tamu setelah beberapa lama akan terlihat kotor, pudar warnanya, bahkan hingga rusak keadaan fisiknya.

Jika hal ini terjadi maka perlu dilakukan perbaikan maupun penggantian.

Baca Juga: Jenis Furnitur yang Tepat untuk Ruang Sisa di Rumahmu

3. Perubahan fungsi ruang secara tidak menyeluruh

Sama halnya dengan yang terjadi pada perubahan besaran ruang, setiap ruang juga dapat mengalami penambahan maupun pengurangan fungsi yang ketika hal itu terjadi harus dilakukan beberapa penyesuaian.

Misalnya, pada beberapa rumah terdapat ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga.

Seiring dengan berkembangnya keadaan rumah, pada suatu saat dapat terjadi pengurangan fungsi, misalnya terpisahnya ruang tamu dan ruang keluarga.

4. Perubahan besaran ruang

Pada beberapa kasus, menata kembali ruang tamu terjadi karena adanya perubahan besaran ruangan.

Hal ini dapat disebabkan oleh adanya penambahan atau pengurangan kebutuhan ruang lain sehingga berakibat pada besaran ruang tamu yang menjadi lebih kecil atau lebih luas.

 

Misalnya, suatu rumah memiliki ruang tamu yang bersebelahan dengan kamar tidur tamu.

Karena ada penyebab tertentu, kamar tidur tamu tersebut dihilangkan sehingga menyebabkan luas ruang tamu menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan perlu dilakukan penyesuaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

menata ruang tamu yang nyaman Previous post Begini Cara Menata Ruang Tamu Agar Nyaman dan Bikin Betah
make over rQuang tamu Next post Sebelum Make Over Ruang Tamu, Kamu Perlu perhatikan Ini!

Follow Shopee Gratis Voucher Belanja 50.000 Ribu