Decorunic Blog

lemari-minimalis

Cara menata almari pada ruangan menjadi informasi yang penting bagi orang-orang  saat ini. Almari harus ditata dengan sedemikian rupa supaya ruangan-ruangan di rumah terlihat menawan dan estetik. Terutama jika menggunakan lemari di ruang tamu, pastikan lemari tersebut tidak diletakkan sembarangan karena akan membuat ruangan menjadi sempit.

Bagaimana Cara Menata Almari pada Ruangan Di Rumah?

Fungsi lemari tidak hanya digunakan sebagai tempat meletakkan barang saja tetapi bisa digunakan sebagai sekat ruangan, tempat penyimpanan barang dan lain sebagainya. Maka dari itu, pastikan lemari di rumah ditata dengan baik supaya tidak membuat ruangan menjadi sempit dan sesak. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menata lemari di rumah:

Cari Almari yang Warnanya Senada dengan Ruangan

Cara menata almari pada ruangan yang pertama adalah mencari lemari yang memiliki warna senada dengan ruangan di rumah Anda. Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan kesan elegan. Anda bisa pilih lemari dengan warna netral seperti warna putih, coklat hingga krem. Yang terpenting dalam memilih warna lemari adalah harus sesuai dengan suasana yang ada.

Jadi saat memilih lemari, pastikan warnanya tepat supaya membuat suasana di ruang tamu jadi lebih nyaman. Misalnya saja Anda ingin menciptakan ruang tamu supaya lebih futuristik dan modern, maka lemari yang digunakan sebaiknya berwarna keabu-abuan atau hitam. Semua itu bisa disesuaikan dengan karakter ruangan seperti apa yang Anda inginkan.

Pilih Almari Berdasarkan Kebutuhan

Kemudian, jika ingin mempelajari cara menata almari pada ruangan, sebaiknya pilihlah almari berdasarkan kebutuhan. Jadi sebelum memilih lemari, tentunya Anda harus mengetahui apa fungsi daripada lemari tersebut. Jika fungsinya adalah untuk dekorasi atau lemari hias, Anda bisa pilih lemari yang pintunya terbuat dari kaca supaya bisa memajang koleksi hiasan.

Tapi jika tujuannya adalah untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan, pilih lemari yang banyak lacinya. Anda juga bisa gunakan lemari yang multifungsi jadi bisa menjadi tempat untuk memajang hiasan rumah dan menyimpan barang karena ada laci di bagian bawahnya. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

lemari-minimalis

Cari Almari yang Ukurannya Proporsional

Mencari almari yang ukurannya proporsional atau sesuai dengan ruangan-ruangan di rumah adalah cara menata almari pada ruangan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Jangan memilih lemari dengan ukuran terlalu kecil atau besar sebab akan membuat ruangan menjadi tidak proporsional. Supaya tidak salah memilih, Anda harus ukur luas ruangan terlebih dulu.

Biasanya ukuran lemari memiliki tinggi 180 hingga 220 cm dan panjangnya mulai dari 85 hingga 100 cm. Jadi sebaiknya pastikan dulu lokasi tempat untuk meletakkan lemari tersebut apakah sesuai dengan panjang dan tinggi perabot yang akan dibeli. Jika ruang tamu minimalis, Anda bisa pilih lemari yang bertingkat supaya bisa menghemat tempat.

Mengisi Almari Sesuai Kebutuhan

Cara menata almari pada ruangan yang keempat adalah mengisi lemari sesuai kebutuhan. Supaya ruangan terlihat estetik, maka isi daripada lemari harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi jangan terlalu banyak atau sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda suka koleksi tas, maka isi lemari tersebut dengan tas-tas yang Anda miliki.

Jika almari yang dibeli adalah almari hias, tidak ada salahnya untuk meletakkan foto keluarga. Nah, untuk membuat ruangan terasa nyaman dan segar, gunakan lemari tersebut sebagai tempat untuk tanaman hias. Tanaman hias yang mudah dirawat adalah tanaman artifisial. Jadi Anda bisa tambahkan tanaman tersebut dan letakkan di almari hias guna memperindah ruangan.

Urutkan Barang yang Ada Di Almari

Meski almari di rumah Anda tidak memperlihatkan isi di dalamnya, tapi jika ingin menata almari, tentu barang-barang di dalamnya harus diperhatikan pula. Misalnya, almari untuk tempat menyimpan sepatu. Cara menata almari pada ruangan tidak hanya memperhatikan keindahan sebuah ruangan saja, tapi Anda harus membuat semua barang tersusun rapi.

Anda bisa gunakan kotak, rak atau organizer gantung untuk membantu menyusun sepatu-sepatu di dalam lemari. Kemudian, atur mana sepatu yang sering Anda pakai dan jarang supaya membuat ruangan terlihat rapih. Selain itu, cara ini juga akan membantu Anda untuk menemukan sepatu yang dicari dengan mudah.

lemari-minimalis

Pisahkan Barang Sesuai Jenisnya

Cara menata almari pada ruangan juga mengharuskan pemilik rumah untuk memisahkan barang berdasarkan jenisnya. Gabungkan unit penyimpanan supaya sesuai dengan kebutuhan Anda yang berbeda. Misalnya saja laci digunakan untuk barang yang bisa dilipat, gantungan digunakan untuk baju dan jas, kotak untuk barang yang kerap digunakan sehari-hari.

Sama seperti fungsi mengurutkan barang di almari sebelumnya, jika Anda memisahkan barang sesuai jenisnya, tentu cara ini akan membantu Anda supaya bisa menemukan barang dengan mudah. karena tidak sedikit orang-orang yang kesulitan menemukan barangnya karena ditumpuk menjadi satu dan dibiarkan berantakan begitu saja.

Tambahkan Pengait

Sebenarnya jika terlalu banyak almari di rumah akan membuat ruangan terlihat sempit. Oleh karena itu, cara menata almari pada ruangan selanjutnya adalah menambahkan pengait di dalam lemari. Funsginya adalah supaya mendapatkan ruang penyimpanan ekstra. Anda bisa menggantungnya di almari Anda.

Pengait akan membuat sisa ruang di almari Anda tidak akan sia-sia. Maka dari itu, tambahkan pengait kemudian letakkan di dalam almari supaya bisa menjadi tempat penyimpanan tambahan untuk barang-barang Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menata almari pada ruangan yang bisa Anda pelajari. Meski terlihat sepele, tetapi almari harus ditata sedemikian rupa supaya menambah kesan indah pada ruangan. Apalagi almari memiliki peran penting sehingga harus ditata dengan baik guna memaksimalkan fungsinya.

One thought on “Dijamin Rapi, Begini Cara Menata Almari pada Ruangan Di Rumah Anda

  1. Right here is the perfect site for everyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I really will need toÖHaHa). You definitely put a brand new spin on a topic which has been written about for decades. Great stuff, just wonderful!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

rekomendasi cat kamar tidur Previous post Teknik Jitu Memperluas Kamar Tidur yang Sempit
Tips Tata Ruang Tamu Next post Alat Furnitur untuk Memperindah Ruangan yang Wajib Dimiliki

Follow Shopee Gratis Voucher Belanja 50.000 Ribu