Decorunic Blog

menata-ruang-tamu

Cara menata ruang tamu dengan benar menjadi informasi yang tengah dibutuhkan orang-orang jika ingin mendapatkan tampilan rumah yang cantik dan ideal. Ruang tamu memiliki fungsi menerima tamu, area bersantai keluarga dan lain sebagainya. Jika ingin terlihat lebih menarik, sebaiknya tata ulang ruang tamu Anda agar terlihat lebih menarik.

Cara Menata Ruang Tamu dengan Benar Supaya Lebih Nyaman dan Indah

Bagi banyak orang, ruang tamu adalah sesuatu yang sangat penting. Karena ruang tamu dianggap menggambarkan kepribadian pemilik rumah. Dengan kata lain, apabila ruang tamu rapi, kesannya adalah pemilik rumah merawat keseluruhan rumahnya dengan apik. Oleh karena itu,berikut ini tips atau cara menata ruang tamu yang dapat dicoba:

Sesuaikan Perabotan dengan Ukuran Ruang

Tips pertama bagi yang ingin mempelajari cara menata ruang tamu dengan benar adalah memastikan jika perabotan yang digunakan sesuai dengan ukuran ruang. Ini adalah langkah penting supaya perabotan yang dibeli tidak membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan. Peletakkan furnitur yang ukurannya terlalu besar dapat mempersempit ruangan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli furnitur sebaiknya pikirkan kembali ukuran ruang tamu di rumah Anda. Jangan sampai nanti ruang gerak menjadi terhambat karena ukuran perabotan yang terlalu besar. Apalagi ukuran perabotan yang tidak sesuai dengan ruangan akan menciptakan ilusi sesak.

Menentukan Color Palette

Selain itu, cara menata ruang tamu dengan benar yang kedua adalah menentukan color palette. Supaya menjaga ruang tamu terlihat selalu bersih dan estetis, maka triknya adalah memilih warna palet yang sesuai. Jangan gunakan wallpaper dengan motif atau corak besar sebab hal ini akan membuat kenyamanan berkurang.

Jika ingin memilih palet warna, cobalah untuk memilih warna yang natural, earth tone atau pastel. Pastikan warna yang dipilih dapat menciptakan atmosfir sejuk dan hangat. Cara ini bisa lebih mudah diterapkan apabila Anda pandai dalam memilih perabotan yang warnanya berbeda-beda kemudian diletakkan di tempat yang tepat.

menata-ruang-tamu

Menentukan Titik Fokus

Penentukan titik fokus tidak kalah penting bagi Anda yang sedang mempelajari cara menata ruang tamu dengan benar. Karena dengan menentukan dimana titik fokus sebuah ruangan, hal itu akan membantu tata letak perabotan. Misalnya ruang tamu lebih didominasi warna putih, sebaiknya pilih meja kayu yang sudah mendapatkan sentuhan tanaman hijau sebagai titiknya.

Kemudian, meja tersebut harus diletakkan disudut sehingga akan menjadi titik yang pertama kali terlihat saat masuk ke dalam ruang tamu. Untuk sofanya juga harus diatur tata letaknya beserta perabotan lain yang ada di sekitar. Dengan cara ini, ruang tamu akan terlihat lebih rapi, lega dan memberikan kesan hangat kepada para tamu yang datang.

Perhatikan Sistem Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu elemen yang harus diperhatikan jika Anda sedang mempelajari cara menata ruang tamu dengan benar. Pencahayaan harus diatur dengan baik dan benar. Tidak hanya memanfaatkan cahaya alami saja, Anda juga perlu mengkombinasikannya juga dengan berbagai jenis lampu ruangan yang cocok supaya lebih seimbang.

Gunakan pencahayaan dari level yang berbeda misalnya lampu meja, lampu pada langit serta lampu lantai. Berikan kesan yang berbeda di setiap lampunya. Misalnya lampu lantai yang ada di samping sofa harus diberikan lampu supaya memberikan kesan hangat dan Anda bisa membaca dengan nyaman ketika duduk disana.

Berikan Ruang untuk Berkomunikasi

Sudah sepatutnya jika ruang tamu menjadi tempat paling nyaman untuk berkomunikasi dengan para tamu yang datang. Untuk membangun suasana yang hangat dan intim, Anda harus terapkan cara menata ruang tamu dengan benar dengan cara mengatur sofanya menyerupai huruf U atau L.

Usahakan posisi kursi dan sofa berdekatan supaya orang-orang bisa berbincang dengan santai tanpa harus menggunakan volume suara yang keras. Cara ini juga akan membuat waktu berkomunikasi menjadi lebih menyenangkan. Berikan sofa yang nyaman tapi juga mengandung unsur estetik. Ini menjadi kunci untuk ruang tamu yang indah.

Memilih Perabot Multifungsi

Cara menata ruang tamu dengan benar selanjutnya adalah memilih perabo multifungsi. Bagi pemilik ruang tamu dengan ukuran minimalis, tentu pemilihan perabot harus dipikirkan dengan matang disini.

Misalnya saja meja, selain digunakan untuk meletakkan minuman dan makanan, pilih meja yang menyematkan ruang penyimpanan di bawahnya. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika ruang tamu terlihat penuh dan berantakan karena barang-barang sudah bisa disimpan di laci tersebut.

Gunakan Karpet yang Ukurannya Sesuai

Ukuran karpet harus disesuaikan dengan ruang tamu di rumah Anda. Penggunaan karpet dapat mempercantik ruangan jika ukurannya tepat. Maka dari itu, disarankan bagi yang tengah mempelajari cara menata ruang tamu dengan benar harus mencari karpet yang mampu mengcover semua furnitur atau perabotan di atasnya.

Tidak harus menutupi semua permukaan lantai karena harus ada space sedikit yang tidak tertutup oleh karpet. Karena space sedikit ini akan membantu Anda untuk memperlihatkan keindahan dari lantai atau vinyil di rumah. Meski karpet akan membuat ruangan terlihat rapi dan cantik, tidak berarti semua lantai harus tertutupi oleh karpet tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara menata ruang tamu dengan benar yang bisa diterapkan di rumah Anda. Dengan cara-cara di atas, ruang tamu akan terlihat lebih menarik dan memberikan kesan yang baik kepada para tamu yang datang. Jangan lupa untuk perbanyak referensi lagi supaya hasilnya terlihat semakin indah dan memuaskan.

One thought on “Cara Menata Ruang Tamu dengan Benar Agar Terlihat Nyaman dan Indah

  1. Right here is the perfect site for everyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I really will need toÖHaHa). You definitely put a brand new spin on a topic which has been written about for decades. Great stuff, just wonderful!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tips Tata Ruang Tamu Previous post Alat Furnitur untuk Memperindah Ruangan yang Wajib Dimiliki
Tips sederhana percantik ruangan agar makin nyaman Next post Cara Jitu Memperluas Ruang Tamu yang Sempit, Wajib Baca!

Follow Shopee Gratis Voucher Belanja 50.000 Ribu