Decorunic Blog

mempersempit-ruangan

Anda sudah pasti mengetahui apa itu ruangan. Manusia hidup tidak lepas dari yang namanya ruangan pada tempat tinggalnya. Ruangan sendiri merupakan suatu tempat yang tertutup, baik itu ruangan yang berada di rumah, atau bangunan yang lainnya. Di dalam ruangan, biasanya terdapat pintu dan beberapa jendela yang berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya ke dalam ruangan tersebut. Ada juga istilah aula untuk sebutan ruangan yang berukuran besar. Cara mempersempit ruangan secara perspektif kerap menjadi pertanyaan banyak orang, yang kehabisan ide untuk mengkreasikan ruangannya

Jika yang dibahas adalah ruangan yang berada di dalam rumah, tentunya ada berbagai macam ruangan, bukan? Ruangan umum yang berada di dalam rumah, yang sangat umum dimiliki oleh rumah setiap warga adalah kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, dapur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Ada juga kebanyakan yang memiliki ruang kerja dan ruang belajar untuk anaknya.

Perspektif berarti tentang bagaimana Anda melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar, di mana hal itu terlihat oleh mata kepala sendiri. Biasanya, untuk perspektif ini dilihat dari 3 sisi, yaitu panjang, lebar, dan tingginya apa yang dilihat. Begitupun dengan cara mempersempit ruangan secara perspektif tentunya tak jauh dari kaitan 3 sisi yang disebutkan itu.

mempersempit-ruangan

Terkadang, ruangan yang begitu luas, tetapi tidak ada pajangan sama sekali akan terlihat begitu monoton. Meskipun lantainya bersih, kinclong, jika tidak ada sesuatu yang menarik di ruangan tersebut, maka tidak akan menjadi tempat yang berkesan untuk dilihat. Atau mungkin, Anda mempunyai ruangan yang luas, pajangan yang banyak, tetapi terlihat begitu suram. Tentunya, ini ada yang salah dengan cara penataan Anda terhadap ruangan tersebut.

Ruangan yang kosong dan terlalu padat sama-sama kurang menarik untuk dilihat. Maka dari itulah, cara mempersempit ruangan secara perspektif sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut, agar hunian Anda menjadi lebih nyaman dan enak untuk dipandang, salah satunya adalah ruang keluarga.

Cara Mempersempit Ruangan Secara Perspektif

Di sini, mari kita bahas tentang mempersempit ruang keluarga secara perspektif. Di mana ruang keluarga ini adalah tempat seluruh penghuni rumah berkumpul atau pun bercengkerama. Ruang keluarga juga bisa digunakan untuk berbincang bersama sanak saudara atau pun tamu yang memang sudah dekat dengan Anda. Ketika rumah sepi, mungkin saja Anda menghabiskan waktu untuk membaca atau menonton film di ruangan tersebut. Ada berbagai cara, untuk menjadikan ruang keluarga Anda menjadi lebih menarik, di antaranya :

Gunakan Panel Kayu

Anda akan merasa nyaman tentunya jika duduk-duduk di ruang keluarga, ketika Anda pulang bekerja kehujanan di perjalanan. Maka setelah sampai ke rumah dan membersihkan tubuh, ruang keluarga yang menggunakan panel kayu, serta warna dinding putih yang mendominasi akan terasa sangat hangat. Ini adalah salah satu cara mempersempit ruangan secara perspektif menggunakan panel kayu.

Pilihlah Barang-Barang Sedikit Banyak dan Penting

Di dalam ruang keluarga, biasanya orang-orang meletakkan begitu banyak barang, sehingga terkesan ramai, tetapi tidak enak dipandang, kesannya menjadi menumpuk layaknya barang bekas. Ada juga yang sengaja mengosongkan ruangannya, menyimpan sedikit barang, hal ini menimbulkan ruangan yang luas menjadi sangat mubazir kelihatannya. Untuk mengatasinya, Anda perlu menyimpan beberapa barang yang sedikit banyak dan memang penting untuk diletakkan di ruang keluarga Anda yang cukup luas itu.

Anda Perlu Mempertimbangkan Luas Ruangan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cara mempersempit ruangan secara perspektif tentunya tidak asal. Jangan mentang-mentang Anda mempunyai luas ruangan keluarga yang cukup, lalu meletakkan barang-barang semaunya. Itu akan terkesan sangat tidak menarik. Anda perlu banyak pertimbangan, ketika akan meletakkan barang di dalam ruangan.

Tembok Berwarna Netral Sangat Berpengaruh

Di dalam ruangan, mau seluas apa pun jika mengaplikasikan warna terang dan mencolok, maka akan terasa sumpek. Maka dari itu, selain penataan barang yang sedikit banyak untuk mempersempit ruangan, gunakan juga cat tembok yang berwarna netral. Jadi, ketika Anda telah berhasil mempersempit ruangan, lalu mengecat tembok berwarna netral ini, Anda tidak akan merasa sumpek berada di dalam ruangan.

Tambahkan Beberapa Tanaman Hijau

Agar tidak terasa sumpek, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hijau di dalam ruang keluarga yang menghadap ke arah luar setelah berhasil melakukan cara mempersempit ruangan secara perspektif pada poin sebelumnya. Selain untuk mempercantik ruangan, tumbuhan hijau juga efektif sebagai filter udara di dalam kamar. Namun, jangan sampai Anda salah pilih, karena ada beberapa tumbuhan yang mengeluarkan zat berbahaya pada malam hari.

Suasana dan Pencahayaan

Di dalam ruang keluarga yang sudah Anda atur keadaannya, maka perlu menyesuaikan suasana dan pencahyaan. Biasanya, yang cocok untuk ruang keluarga agar terlihat lebih sempit adalah dengan suasana yang mendukung beserta pencahayaan yang sedikit lebih terang. Anda juga bisa mengubah suasana dengan mengombinasikan beberapa warna yang senada. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas keluasan ruangan secara substansial dalam hal yang berupa kedalaman.

mempersempit-ruangan

Cara mempersempit ruangan secara persepektif tentunya pintar-pintar Anda menempatkan barang-barang yang sesuai untuk diletakkan di ruangan yang luas. Bagaimana cara Anda mengatur banyak atau tidaknya barang yang diletakkan, dan juga warna yang perlu Anda perhatikan untuk menyesuaikan kondisi ruangan Anda.

Begitulah kira-kira, cara mempersempit ruangan yang dapat Anda coba di rumah, jika Anda memiliki ruangan luas yang tak beraturan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Life Hack Merawat furniture dan Perabot Rumah (2) Previous post 88 Life Hack Merawat Furniture dan Perabot Rumah Tangga
Menata furniture dengan benar Next post Teknik Mengatur Meja dan Kursi Supaya Tidak Memakan Tempat

Follow Shopee Gratis Voucher Belanja 50.000 Ribu