Decorunic Blog

Cara Memilih Warna Ruangan Rumah Minimalis

memilih warna ruangan Memilih warna ruangan rumah,  sama pentingnya dengan mendesain  rumah itu sendiri. Salah menentukan warna, sama saja Anda gagal membuat rumah yang estetis.

Konon, warna merupakan pelabuhan yang aman dan murah bagi tambatan kesehatan jiwa kita.

Melalui eksplorasi warna, penghuni rumah dapat menciptakan karakter ruang yang tenang, tenteram, cerah, stimulasi, penyembuhan, dan spiritual.

Kini teknik terapi kesehatan dengan warna (color therapy) telah berkembang luas.

Rumah sakit dan klinik kesehatan tidak lagi didominasi warna putih.

Begitu pun ruang-ruang kamar pribadi. Penelitian membuktikan bahwa pemilihan warna ruang yang tepat mampu menstimulasi, menenangkan, menentramkan, menjernuhkan, dan menyembuhkan kesehatan fisik dan mental penghuni.

Kepekaan intuisi dalam memadukan keselarasan warna mulai dari pagar, genteng atap, tampak luar bangunan, dinding ruang dalam, pintu, jendela, plafon, furniture (meja, kursi, lemari atau dipan), aksesoris (vas bunga, ornament patung, atau likisan), dan jenis tanaman (bunga, daun dan buah).

Semua itu akan menyatukan atmosfer rumah secara keseluruhan.

Perpaduan warna senada pada seluruh bagian dan isi rumah akan menghasilkan keharmonisan untuk meningkatkan kualitas kesehatan rumah maupun penghuninya.

Pilihan warna untuk seluruh elemen interior, baik dinding maupun furniture harus diperhatikan dengan baik, begitu pula ketika mengolah ruang sisa.

Sebagai bagian dari elemen interior, tampilan warna ruang sisa hendaknya disesuaikan dengan keseluruhan interior ruang yang ada.

Memilih Warna Ruangan Berelemen Bumi

memilih warna ruangan rumah minimalisWarna-warna bumi (earth tones) seperti hijau daun , cokelat tanah, merah bata, abu-abu pasir, atau batu kini banyak diminati untuk menciptakan suasana interior ruang yang mendekati alam.

Pemilihan gradasi warna cokelat tanah pada ruang tamu dan ruang keluarga dapat berupa perpaduan warna gelap untuk lantai ( simbol tanah atau bumi).

Memilih warna ruangan bergradasi terang sedang pada dinding dan perabotan kursi, meja serta lemari ( simbol perpohonan, bukit, penggunungan).

Lalu warna terang plafon (simbol langit) merupakan upaya menghadirkan dunia luar kedalam rumah. Suasana alam yang tenang dan nyaman tersebut mampu menghilangkan stres atau perasaan tertekan.

Warna juga mampu menciptakan ruang yang sarat makna spiritual.

Kekuatan warna putih sebagai simbol kesucian dan kebeningan jiwa jika dipadukan dengan hijau dapat meningkatkan terapi pemyembuhan spiritual.

Sementara gradasi biru sebagai simbol air (sumber kehidupan) dapat memberikan efek suasana tenang.

Warna-warna tersebut biasa digunakan untuk ruang meditasi sendiri, mulai dari interior ruang sholat, kamar tidur, hingga kamar mandi pribadi.

Tentukan Warna Aksen yang Tepat

Memilih warna aksen ruangan akan memberi dampak estetis pada rumah Anda.

Warna aksen sering digunakan sebagai titik fokus pandangan dalam suatu ruang.

Warna yang dipilih merupakan warna kontras dari warna dominan didalam ruangan tersebut.

Jika sebuah ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan didominasi warna cerah merah maru, kuning gading, atau oranye maka untuk aksen dapak dipakai warna dingin hijau atau biru, dan sebaliknya.

Warna gradasi hijau sering digunakan untuk memperkuat kesan segar dan alami dalam rumah, terutama pada ruang tamu, ruang makan atau teras belakang.

Hal ini dapat diperkuat dengan penataan taman depan atau taman belakang dengan aneka tanaman bunga berwarna senada.

Serta peletakan pot-pot tanaman yang terbesar sejak teras depan hingga ke pojok ruang servis.

Pemakaian warna merah, oranye, dan cokelat pada ruang tamu, ruang kerja, atau ruang keluarga dapat menciptakan kesan romantis, eksotik, dan misterius yang memancing imajinasi.

Siapa saja yang memasuki ruang tersebut. Pajangan bingkai foto keluarga atau momen istimewa lainnya.

Dengan meletakkan lukisan dan tanda penghargaan pada dinding ruang tersebut akan mempertegas warna-warni kenangan perjalanan hidup penghuni rumah.

Perpaduan warna merah, oranye, kuning yang diselingi warna putih akan menghangatkan ruang dapur bersih (pantry) yang menyatu dengang ruang makan.

Suasana ini akan ‘’mengundnag’’ penghuni datang menyatap makanan bersama keluarga.

 

Baca Juga: Manfaatkan Ruang Sisa Biar Rumah Hemat Tempat. Perhatikan 4 Hal Ini!

Gunakan Warna Teduh Untuk Ruang Pribadi

Untuk kamar tidur , sebaiknya digunakan warna-warna teduh yang akan memberikan kenyamanan, seperti warna biru yang dipadu dengan warna krem.

Sementara untuk uang makan bisa digunakan warna-warna terang, seperti warna oranye yang memberikan efek semangat dn bisa meningkatkan nafsu makan.

Disisi lain, penyesuaian warna dinding dengan tema ruanganjuga mnjadi salah satu cara untuk mempermudah dalam pemilihan dan penentuan warna agar keselarasan desain tetap terjaga harmonis.

Efek sumber cahaya alami maupun buatan terhadap tampilan warna perlu dipertimbangkan.

Sinar matahari (warna-warni) atau sinar lampu (putih atau kuning) terhadap warna akan menghasilkan efek warna yang berbeda-beda pada pagi, siang, sore atau malam hari.

Warna yang dipilih pun akan mempengaruhi kesan besar-kecil ruang dan tampak bangunan. Warna gelap akan membuat ruang terasa terbatas dan cenderung menyempit.

Sebaliknya, warna terang memberi kesan lebih luas.

Warna dapat mempengaruhi suasana hati orang yang memandangnya.

Memilih warna ruangan yang lembut memberikan kesan sejuk, ruangan terkesan lebih luas, sedangkan warna-warna kuat seperti merah, hitam cokelat memberikan kesan hangat dan berkesan.

Hal ini perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih cat dinding yang akan menjadi penentu utama suasan ruang nantinya.

Alangkah lebih baik sebelum Anda mengubah tampilan warna ruangan Anda. Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar desain interior. Sehingga Anda tidak salah menentukan perpaduan warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Plywood lebih baik daripada particle board Previous post 5 Alasan Mengapa Plywood Lebih Baik daripada Particle Board
cara memanfaatkan ruang sisa Next post Cara Kreatif Memanfaatkan Ruang Sisa Agar Rumah Sempitmu Jadi Lega

Follow Shopee Gratis Voucher Belanja 50.000 Ribu